Mengapa masa hidup giftia hanya 9 tahun?

Jelajahi kisah yang menyentuh hati dengan anime "Plastic Memories" dan karakter Giftia, termasuk Isla. Disini kita akan membahas kenapa giftia hanya..

Ini buat kamu yang sudah pernah nonton anime plastic memories, kalau kamu belum silakan tonton dulu biar gak kena spoiler. 
giftia isla plastic memories

Buat kamu yang udah pernah nonton, pasti kamu tahu dong bahwa masa hidup giftia hanya 9 tahun? Di internet ada banyak spekulasi tentang alasan kenapa giftia masa hidupnya hanya 9 tahun. Tetapi ada 3 yang paling masuk akal dari semua itu.

1. Dilansir dari plastic memories wiki, system program giftia akan gagal untuk menyimpan memori baru setelah melewati angka tersebut 9 tahun 4 bulan. Tapi disana tidak dijelaskan alasan kenapa nya.

Sebenarnya itu masuk akal, karena contohnya saja android smartphone. Jika memory smartphone kita benar-benar penuh, apa yang akan terjadi pada smartphone kita ? Benar! Smartphone kita bakal langsung nge-hang. Error, bahkan sampai bisa rusak alias tidak bisa nyala sama sekali. Bedanya, giftia tidak mati tapi ingatannya bakal kacau terus ngamuk-ngamuk karena kehilangan kepribadian akibat overload data.

giftia isla plastic memories

2.  Perusahaan SAI menggunakan memory plastik yang hanya dapat menampung kenangan selama 9 tahun, bisa jadi untuk memangkas ongkos produksi sehingga banyak orang dapat membelinya. Jika harga memory nya sendiri terlalu mahal, mungkin tidak dapat terjangkau untuk kebanyakan orang. Dan juga untuk menciptakan penjualan berulang. Saat tiba waktunya, pemilik akan ditawari 3 pilihan untuk memiliki giftia lagi. Lagipula 9 tahun itu sudah sangat cukup murah hati mengingat giftia adalah teknologi canggih yang berbasis ai.

3. Dikhawatirkan akan merusak ekonomi dan sosial. Karena seperti yang kita tahu, orang mempergunakan giftia bukan hanya sebagai teman hidup. Tapi mereka juga bisa diajak bekerja. Bisa bayangkan kalau giftia tidak dibatasi masa hidupnya, maka tentu saja perusahaan lain akan membeli giftia dan mempekerjakannya saja daripada mempekerjakan manusia. Ini bisa jadi kiamat buat manusia.

giftia isla plastic memories

Sebenarnya, selain ditarik sebelum masa hidupnya berakhir, sebenarnya ada satu cara lain untuk menyelesaikan masalah ini. Jawabannya sudah ada di anime nya itu sendiri di episode 2. Yaitu dengan mendesain supaya giftia memiliki kemampuan untuk menghapus dan melupakan memory nya sendiri. Namun, ini akan menyebabkan berkurangnya keuntungan dan juga merusak ekonomi dan sosial.

Funfact ya, sebenarnya ada satu alasan lagi  kenapa masa hidup giftia hanya 9 tahun, tepatnya 81920 jam alias 9 tahun dan 4 bulan. Angka 9 dalam bahasa jepang disebut ku yang merujuk pada kata yang memiliki arti penderitaan. Lalu angka 4 dalam bahasa jepang itu shi yang merujuk pada kata memiliki arti kematian.

Ini adalah tema dalam anime ini, hidup, menderita, dan mati. Giftia diciptakan untuk meringankan beban atau penderitaan manusia, namun ketika sudah mencapai masa hidupnya giftia akan ditarik alias mati. Dan manusia yang memilikinya akan menderita dengan kenangan giftia yang telah menemani hidupnya. Tapi hidup tetap berjalan, manusia itu bisa mendapatkan giftia baru, namun hatinya mati terbawa giftia yang telah lalu.

Kalo kamu suka sama penjelasan ini silakan sebarkan, kalo gak suka ya gapapa. Sekian dan terimakasih. 

LihatTutupKomentar
Back to top