Bokura wa Minna Kawaisou Anime Review

Anime Review: Bokura Wa Minna Kawaisou

Bokura Wa Minna Kawaisou

Kalau bicara tentang anime komedi, biasanya alur cerita yang dimiliki kurang penting, tidak ada hubungan cerita depan dan belakang cerita. Paling sering, anime komedi itu karakternya dibuat aneh-aneh untuk mencari lucu, serta ceritanya tidak berkelanjutan antar episode nya. Di Bokura wa Minna Kawaisou, karakternya sangat beragam dan alami alias tidak dibuat-buat, dan itu menyelamatkan anime ini dari sekadar rata-rata anime romcom biasa.

Informasi Anime Bokura Wa Minna Kawaisou

Bokura Wa Minna Kawaisou

English: The Kawai Complex Guide to Manors and Hostel Behavior 
Japanese: 僕らはみんな河合荘 
Tipe: TV 
Episode: 12 + 1 OVA
Status: Selesai 
Rilis pada: Apr 4, 2014 s/d Jun 20, 2014 
Musim: Spring 2014 
Produser: TBS 
Lisensi: Sentai Filmworks 
Studios: Brain’s Base 
Diangkat dari: Manga 
Genre: Slice of Life, Comedy, Romance, School 
Durasi: 24 men. per ep. 
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis Bokura wa Minna Kawaisou

Bokura wa Minna Kawaisou bercerita tentang Usa Kazunari, seorang pelajar kelas 1 SMA yang memutuskan untuk hidup mandiri daripada mengikuti ibunya yang sering berpindah tempat karena pekerjaan. Karena alasan itu Usa disewakan sebuah kamar di kos-kosan kawai oleh ibunya. dengan penghuni kos yang "unik". Alih-alih bisa menjalani hidup mandiri yang damai seperti keinginannya, dia harus berhadapan dengan para penghuni kos lain yang bersifat "unik".

Menolak untuk tinggal disana, Usa bergegas pergi dari tempat itu. Namun sesaat sebelum keluar dari rumah kos, dia berpapasan dengan gadis impiannya yang ternyata salah satu dari penghuni kos. Seorang kakak kelas bernama Ritsu Kawai membuat Usa menghentikan langkahnya untuk pergi.

Bokura wa Minna Kawaisou

Sekedar informasi Anime Bokura wa Minna Kawaisou memiliki arti ganda, jika di terjemahkan dalam bahasa indonesia, Bokura wa Minna Kawaisou artinya kami semua orang yang menyedihkan namun jika ditulis menjadi Bokura wa Minna Kawai-sou berarti kami semua orang penginapan Kawai. Well, jika kamu sudah menonton anime ini kamu pasti paham maksudnya.

Para Penghuni Kos Kawai

Usa Kazunari

Usa Kazunari

Dia adalah SATU-SATUNYA penghuni kos yang normal dalam anime ini. Usa adalah karakter utama cowok yang baik hati, dan juga pengertian. Dari awal cerita, dia adalah penjaga perpustakaan dan seketika menyukai senpai-nya Ritsu saat pertama melihatnya. Saat dia ingin menjadi lebih dekat dengan Ritsu, dia harus dihadapkan dengan keunikan sifat karakter lain terutama para penghuni kos kawai.

Ritsu Kawai

Ritsu Kawai

Inilah karakter utama cewek dan merupakan kakak kelas nya Usa. Ritsu bersifat pendiam, agak tertutup, dan selalu asyik dengan dunia buku. Ritsu tinggal di kos karena itu adalah milik ibu nya dan dia merupakan pewaris utama kos-kosan kawai. Ritsu-senpai tidak peduli apapun saat membaca buku dan dia juga mudah berganti mood-nya tergantung pada buku yang baru saja dia baca.

Nishikino Mayumi

Nishikino Mayumi

Mayumi Nishikino adalah penghuni kosan kawai yang paling dewasa. Wajahnya sangat cantik dan tubuhnya juga sangat ideal namun disini dia tidak pernah beruntung tentang percintaan. Dia suka mabuk saat depresi dan juga mengumpati pasangan lain yang berpacaran. Namun tidak seburuk itu, Mayumi merupakan orang yang sangat bisa membuat suasana ceria dan bersemangat.

Shirosaki Shizuru

Shirosaki Shizuru

Shirosaki atau Shiro adalah seorang maso yang mesum namun dia tidak pernah melecehkan siapapun. Shiro menguji mentalnya dengan rasa sakit, pandangan merendahkan, bahkan makian orang lain, dan semakin menyiksa situasinya, semakin dia menyukainya, namun, dia juga orang yang sangat lembut yang sangat bijaksana. Sekedar fun fact, Shiro sangat mirip dengan Kyousuke Hori yang merupakan ayah dari Kyouko Hori di seri anime Horimiya.

Sayaka Watanabe

Sayaka Watanabe

Sayaka merupakan cerminan cewek feminin. Kepribadiannya manis dan polos, tapi dia sebenarnya memiliki maksud lain di balik kata-katanya. Sayaka menggunakan wajah manisnya untuk mengambil hati cowok yang dia mau meskipun tidak tertarik menjadikannya pacar. Sayaka juga seringkali menggunakan sifat manis nya untuk memanipulasi keadaan sesuai dengan keinginannya. Namun berbeda dengan paras manisnya, dia ternyata penggemar BL manga.

Sumiko Kawai

Sumiko Kawai

Pengurus kosan Kawai yang awalnya milik kakaknya (kakek Ritsu Kawai), tetapi pemilik resminya sekarang adalah ibu nya Ritsu dan Sumiko hanya mengelolanya. Sumiko mungkin tampak memiliki sikap yang baik, ceria, dan optimis, tetapi dia juga bisa sangat ketat dan ditakuti ketika saat menerapkan peraturan kosan. Sumiko mengurus semua yang ada di kosan termasuk makan malam. Sumiko selalu menghibur orang yang bersedih dengan makanan favorit mereka.

Review Anime Bokura wa Minna Kawaisou

Story (9/10)

Bokura wa Minna Kawaisou

Sangat jarang ada anime romance yang tidak terasa terburu-buru, apalagi anime romance tanpa ada unsur harem. Saat menonton anime romance saya suka melihat perkembangan yang bagus dan stabil di antara kedua tokoh utamanya. Itulah alasannya mengapa saya sangat suka dengan Bokura wa Minna Kawaisou—ini adalah anime yang santai dengan alur cerita yang jelas. Namun itu berakhir tanpa klimaks - dan tanpa musim kedua untuk menyelesaikan semuanya. Apabila kamu pernah dengar anime bagus tidak akan ada S2 nya, ini adalah contoh.

Animasi (10/10)

Bokura wa Minna Kawaisou

Grafis di anime ini sangat menakjubkan, semua pada porsinya. Jika suasana sedang sedih, karakter akan penggambaran karakter menjadi sangat detail, dari garis wajah hingga pencahayaan, Jika suasana sedang komedik karakter akan dibuat se-imut mungkin, dan saat kasmaran akan ada latar bunga-bunga yang bisa membuat kita ikut merasa senang.

Soundtrack (10/10)

Bokura wa Minna Kawaisou

Kalo bicara musik, anime ini sangat lengkap. Setiap momen dan suasana memiliki musiknya sendiri-sendiri dan semua musiknya sangat pas dan mantap. Kamu bisa nikmati suasana piano yang membuat hati tenang sampai alunan yang membuat kamu ikut terharu. Musik di opening sangat pas dengan tema hubungan antara kedua karakter utama, dan musik di ending anime catchy dan ceria, seolah menggambarkan suasana di kosan kawai.

Pengembangan Karakter (10/10)

Bokura wa Minna Kawaisou

Sifat karakter di anime ini sangat natural seperti di kehidupan nyata. Kelucuan juga tidak dibuat-buat seperti di beberapa anime komedi lain, pokoknya kamu tidak akan melihat karakter terpleset dan menimpa karakter cewek lalu tangannya salah pegang. Dan juga eksplorasi latar belakang setiap karakter diceritakan dengan sangat baik.

Overall (9.5/10)

Bisa dikatakan anime ini nyaris sempurna. Kekurangan anime ini adalah ending yang tidak selesai bahkan ova yang disediakan tidak menjelaskan ujung cerita ini. Satu-satunya cara adalah membaca manga nya dengan judul yang sama Bokura wa minna kawaisou. Selain itu setiap aspek dalam anime ini sangat segar untuk ditonton.

Bokura wa Minna Kawaisou

Tentu saja ini opini pribadi, tapi jika kamu sudah menonton anime ini kamu pasti akan setuju dengan review yang saya buat ini. Jika kamu rasa ada yang kurang dalam review ini silakan komentar dikolom bawah.

LihatTutupKomentar
Back to top